Finansial Planning - Keluarga

Selamat Sore kawan kawan semua.. :)) bagaimana kabar kalian di tanggal muda namun akhir tahun ini.. Wah rasanya cepat sekali yaa waktu berlalu nya.. tahu tahu udah akhir tahun aja... hmmm kabarnya kiamat tahun 2012 beneran enggak yaa ( udah pada siap2 belomm ne.. barang2nya taruh koper yaaa.. hahahaa.. emk mo piknik pake siap2 siap segala.. )

Doa saya.. semoga kita semua selalu dalam barakah - Nya.. (amiieen.. )

kali ini saya pengen buka-bukaan mengenai Finansial Planning.. yup finansial finansial dan finansial. Sesuatu yang sepele namun krusial bila tidak di planning dan berhati-hati. Katanya sii ( ya bukan katanya ini fakta dari TL nya QMFinancial neee meskipun dia berada di oil company dengan THP yang tahu lah yaa pasti diatas rata2 kan, yaaahh tapi karena hobinya dengan diving tas tas ber merk buat nyekolahin anaknya saja tidak bisa, ini fakto lhoo bukan rekayasa..)

*Pelajaran yang bisa dikutip, boleh kita punya hobi tapi bisa kan diatur hobi nya di planning kan anggaran untuk menyalurkan hobi bukan melarang nya lhooo... bisa mati kutu kita kalo kita punya uang tapi mau menyalurkan hobi aja dilarang, kemudian dengan barang Branded bisa lah kita punya barang branded satu dua atau bisa semuanya branded ( kan banyak tuh branded yang diskon atau jadi membernya bisa dapet diskon juga.. :) )

%%% pending yaaa ceritanyaaa.. ribeett kerjaan gw ga ada habisnyaaa..


Baiklaahh saya lanjuut lagi yaaa... ini udah berselang hampir 3 hari sambil nunggu proses billing yang gak selese selese mending kita ngetik ngetik aja... :))

Sedari masih single alias masih gadis belia ( hay hay Gadiiisss.. :)) ) untuk masalah finansial sudah terbiasa untuk mengaturnya sendiri, jaman sudah bekerja apa lagi mau belanja kek liburan kek mau ada acara ini itu, orang tua enggak ikut campur lagi... Justru yang ada saya yang ngasih ke orang tua or adek adek saya.. Berbekal dari sebuah mimpi ( haha mimpi.. ) opo yooo suatu keinginan hasrat yang kuat ( bukan horni yaaa .. **uuppss maaf ) untuk melanjutkan kuliah ke jenjang S1 tersadarlah untuk menyisihkan sebagian banyak hasil jerih payah tiap bulan guna menyukseskan kuliah. Dan sampai sekarang uang kuliah saya masih saya bayarin sendiri enggak minta sama suami, orang tua atau kakak...

**Kuliah Saya
Saya membuat tabungan tersendiri khusus biaya kuliah berapapun uang sisa, insentip dkk saya kumpulkan sampai terkumpul buat bayar uang pangkal ( yaa bagi gw yang seorang anak yatim biasa uang pangkal 7-8jt lumayan Muaaahhaallll ) dan untuk setiap pembayaran semesternya saya kumpulkan tiap bulan, jadi pas jatih tempo enggak langusng seabreegg beratnyaa... Untuk 1 Semesternya berkisaran antara 2.1jt - 2.4jt

Ada sebuah Fasilitas dari sebuah Bank, saya cukup tertarik awalnya sii saya enggak tahu mau buat apa, waa aku pengen beli motor apa mending kreditin aja yaaa kalo motor... tapi at least saya mau menabung, yawda tuh di tarik aja tiap bulan sama TRM, eehh enggak tahunya tahu tahu dapet untung boookk... Lumayan dapetnya bisa buat sewa tanah tambak waktu itu..

ada ASURANSi... nah ini nih pas jaman muda eyke enggak begitu tertatik sama Asuransi, mungkin karena waktu saya berpikirinya pendek buat apa si asuransi, apalagi asji waaa kita mendoakan si dia buat matek yaa biar kita dapet uang preminya. Namun saat ini saya berpikiran lain mengenai Asuransi ini, nanti dibahas yaaakk.. :)

Kemudian ada biaya pernikahan, calon suami saya bukan seorang yang rajin mengumpulkan uang di tabungan bertahun2 dan akhirnya muncullah sebuah saldo 2Milyar sementara usia nya sudah menginjak angka 40th... Hey gadiss maniiiss maukah kau menikah dengan kuuww saldo tabungan ku banyakk lhoo dan elooo gadiis bisa membelanjakan apa aja buat pernikahan kita.. ( maniiiisss bangeedd yaakkk... huwaaa but it's not my dream kawaannn.. :D ) suamiku termasuk tipe yang enggak suka mengendak2an uang terlalu lama ditabungan, beliau lebih suka memutarkannya menjadikan sebuah usaha dan kemudian berkembang yang bisa dinikmati tidak hanya oleh dirinya sendiri tapi juga keluarga dan orang sekitarnya. Istilah gampangnya itu investasi... sebuah investasi yang berkembang. nah itu juga termasuk prioritas keuangan dalam keluarga.

Udah kebayang beloomm masih single aja keuangan udah begitu bersarat nya pengen ini pengen itu makan ini makan itu ngemall sini ngemall sana, kalo enggak ada plannya tetep aja enggak sehat... Mulailah lebih menghargai setiap rupiahnya..

Oke nanti lanjut Finansial Planning edisi kedua yaaa... untuk yang ini cukup sekian dulu Terima Kasih Kawan.. :)




0 komentar: